Beberapa Jenis Model Soal Psikotes Untuk Masuk Kerja Ke Perusahaan

[TIPS & TRIK] - ADAJOBS.ID akan memberikan gambaran Model Soal Psikotes Masuk Kerja dan Solusinya – Salah satu tantangan yang harus ditempuh ketika akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, ujian tes psikologi atau seleksi pekerjaan terlebih dahulu harus menjalani beberapa rangkaian tes jenis psikotes yang nantinya menentukan lulus tidaknya seseorang. Perlu diketahui bahwa tidak semua instansi menerapkan psikotes dalam merekrut mahasiswa atau pun karyawan. Selain itu, tes psikotes sering dijumpai dalam lamaran kerja khususnya karyawan disebuah perusahaan. Jenis psikotes yang diberikan seperti tes logika penalaran, tes pencocokan gambar, tes logika gambar, aritmatika psikotes dan masih banyak lagi jenis tes psikotes lainnya. Hampir semua perusahaan kini menerapkan sistem psikotes pada calon karyawan baru. Karena psikotes sendiri sangat berguna untuk mengukur kemampuan atau posisi jabatan yang sesuai untuk calon karyawan baru serta berguna untuk menentukan kriteria yang dicari perusahaan itu sendiri. Dengan begitu, psikotes dianggap sangat penting dan perlu diterapkan demi tercapainya target untuk mencari karyawan baru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Beberapa Jenis Model Soal Psikotes Untuk Masuk Kerja Ke Perusahaan

Sebelum Anda mengikuti ujian psikotes, baiknya Anda harus mengetahui jenis-jenis psikotes atau arti dari kata psikotes. Psikotes sendiri berasal dari kata physico yang berarti mental fisik dan test yang artinya ujian atau tes. Jika di terjemahkan, psikotes merupakan metode yang digunakan untuk meraih hasil psikologi dari orang yang menghadapi tes tersebut. Untuk metode ujian psikotes biasanya dilakukan dengan menjalani beberapa rangkaian tes psikologi untuk mengetahui mengetahui kriteria-kriteria yang dibutuhkan perusahaan seperti kondisi mental, kemampuan dasar (IQ, IE atau kemampuan bahasa dan penalaran). Ujian psikotes ini ditunjang dengan sistem dan alat yang memiliki kategori khusus serta hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki ilmu dibidang psikotes yang dapat menjalankannya. Tes psikologi sendiri dapat memperlihatkan watak dan sikap seseorang dari sisi intelijen, interest, personality dan juga attitude. Bagi Anda yang ingin lulus dalam ujian psikotes baik itu digunakan untuk melamar pekerjaan atau masuk perguruan tinggi Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis psikotes dan bagaimana cara mengerjakannya agar semua dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa jenis psikotes dan cara pengerjaannya.

  • Test Psikologi penalaran logika Aritmatika
Metode tes ini biasanya dipenuhi dengan serangkaian gambar 2D hingga 3D. Jenis psikotes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menganalisa dan memahami suatu pola tertentu. Jenis psikotes penalaran logika aritmatika sangat berguna hasilnya bagi suatu perusahaan, karena perusahaan dapat mengetahui kemampuan calon karyawan dalam menganalisa dan memahami pola tertentu. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan karyawan sesuai dengan standar yang dibutuhkan.
Trik mudah menyelesaikan ujian psikotes psikologi untuk penalaran logika aritmatika.
Jangan hanya terfokus pada deret hitung atau deret ukur dalam perhitungan, fokuslah pada semua angka dengan sisi pandang lebih luas. Karena dalam soal deret angka yang panjang, 3 sampai 5 angka tidak menjamin dapat memberikan jawaban yang benar.
Jangan membuang waktu hanya dengan terfokus pada satu soal.


  • Test Psikologi Wartegg ( Psikotes Wartegg )
Test Wartegg dalam psikologi ditemukan oleh seorang ilmuan dari Jerman yang bernama Ehrig Wartegg. Dalam tes ini ditemukan 8 kotak dengan pola yang berbeda, biasanya kotak-kotak tersebut mengandung pola titik, garis lurus berjejeran, garis melengkung, garis tegak lurus, dua garis tidak beraturan, garis melengkung jajaran titik yang melingkar, kotak hitam kecil dan masih banyak lagi jenisnya. Pola-pola yang ada dalam Test Wartegg memiliki arti berbeda, berikut merupakan penjelasan arti dari setiap pola pada Tes Wartegg.

Titik kecil : Menggambarkan kelincahan atau pusat dari sesuatu
Garis tegal lurus : Menggambarkan ketepatan dalam memecahkan masalah
Garis lurus berjejeran : Menggambarkan keinginan untuk memperbaiki diri, cobalah untuk menggambar tangga
Jajaran titik : Menggambarkan perlakuan hati-hati terhadap suatu hal atau benda
Garis melengkung : Menggambarkan kebijaksanaan dan kebersamaaan
Kotak hitam kecil : Mencerminkan konstruksi yang begitu kuat


  • Trik mudah mengerjakan Test Wartegg.
Usahakan kertas ujian dalam kondisi bersih,
Jika akan memulai mengerjakan pastikan jangan memulai dari kotak nomor 5, karena dalam ilmu psikologis kemungkinan pada orang (laki-laki) yang mengerjakan dari kotak nomer 5 memiliki kelainan seksual,
Sebaiknya kerjakan Test Wartegg secara urut atau jangan terlalu berantakan, misalnya 1-2-5-4-3-6-8-7,
Pahami makna dan arti dari setiap pola yang ada.


  • Test Psikologi, Analog Verbal Test
Jenis Psikotes Analog Verbal Test ini biasanya terdiri dari 40 soal, dimana soal-soal tersebut berisi tentang antonim atau sinonim serta analog dari suatu kata. Tes ini berguna untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu kondisi. Selain itu, tes ini juga berfungsi sebagai penilaian seberapa jauh proses penerkaan otak dan memahami sebab akibat pada suatu permasalahan. Untuk cara mengerjakan Analog Verbal Test dapat menggunakan trik yang cukup mudah yaitu selalu berkonsentrasi dan menggunakan logika. Cara lainnya yaitu dengan cara menghafalkan beberapa contoh soal tes jenis ini karena sering ditemukan soal yang diberikan relatif sama.


  • Test Psikologi DAM (Draw A Man)
Sesuai dengan artinya, tes DAM (Draw A Man) ini diharuskan untuk menggambar seorang manusia. Kemudian deskripsikan jenis kelamin, usia dan juga aktifitas dalam gambar tersebut. Psikotes ini berfungsi untuk mengetahui kepercayaan diri seseorang, tanggung jawab, ketahanan dan kestabilan dalam bekerja. Cara mudah untuk mengerjakan Psikotes DAM memiliki dua trik yang dapat dilakukan. Trik yang pertama, gambarlah seseorang yang sedang melakukan aktifitas misalnya, pak guru yang sedang mengajar di depan kelas, petani yang sedang mengolah sawah dan lainnya yang berhubungan dengan aktifitas seseorang. Trik kedua, jangan pernah menggambar hanya separuh badan, gambarlah utuh dari ujung rambut hingga kaki serta usahakan detail gambar tetap diperhatikan seperti mata, telinga, hidung dan mulut.


  • Test EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)
Tes jenis EPPS ini berguna untuk menunjukkan jati diri dan kepribadian seseorang secara lebih detail. Tes ini terdiri dari 225 soal, didalam setiap soal hanya ada dua pilihan jawaban seperti A dan B. Pilihan yang nantinya di pilih biasanya akan menunjukkan atau sesuai dengan kepribadian kamu. Semua soal yang tersedia harus dijawab walaupun diantara pilihan tersebut tidak menunjukkan diri kamu yang sebenarnya. Dalam tes EPPS tidak terdapat jawaban yang benar atau salah, melainkan setiap jawan akan menunjukkan kepribadian seseorang yang sebenarnya. Tujuan dari tes EPPS adalah untuk dapat menyaring orang-orang yang memiliki kepribadian yang sesuai dan diharapkan perusahaan itu sendiri. Trik pengerjaan tes ini yaitu, jangan pernah membohongi diri sendiri dalam kata lain bersikap jujur dan apa adanya walaupun itu menuntut kamu menunjukkan kekurangan diri sendiri. Beberapa pilihan akan diulang pada nomer yang di acak tertentu, sehingga dapat memperlihatkan kejujuran seseorang. Tes EPPS sangat berguna pada sebuah perusahaan untuk merekrut karyawan pilihan.

Demikian sedikit informasi tentang beberapa model Psikotes populer yang sering menjadi alat test untuk menyeleksi karyawan baru di sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat.

Besar harapan kami teman-teman semua bisa memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keinginan atau harapan teman-teman semuanya. Untuk itu dalam memberikan kelancaran informasi terbaru kami mohon bantuan dan dukungan dari anda untuk dapat melanjutkan informasi ini melalui sosial media teman - teman semua untuk dapat disebarkan kepada teman,kerabat maupun sanak saudara yang sedang membutuhkan info lowongan kerja.

Apabila Informasi lowongan kerja diatas bermanfaat bagi anda, dan ingin menyebarluaskan nya,kami mempersilahkan anda yang mengcopy informasi lowongan kerja diatas, Tetapi kami mohon dengan sangat berharap kepada anda untuk tetap mencantumkan link sumber dengan url situs ADAJOBS.ID karena ini sangat berarti bagi kami dan demi kelancaran update informasi lowongan kerja terbaru yang lainnya.